Dorongan utama sehingga didirikan sekolah tinggi keguruan dan ilmu pendidikan serasan muara enim ini adalah rasa terpanggilan dari beberapa tokoh untuk memberikan dharma bhaktinya dibidang pendidikan tinggi sebagai bagian dari pembangunan bangsa dan Negara Indonesia

Berdasarkan kenyataan tersebut beberapa tokoh masyarakat baik formal maupun non formal, yaitu hasan zen, SH (pada saat itu adalah bupati muara enim), Alizaman M. Noer(pada saat itu ketua DPRD Kab. Muara Enim) dan H. Anwar Mahakil, SH(sebagai tokoh masyarakat) merintis berdirinya pendidikan tinggi di Muara Enim. Rintisan tersebut diawali dengan pembentukan Yayasan Perguruan serasan dengan Akta Notaris yang dibuat oleh  Bambang Hermanto, SH No. 18 tanggal 29 Maret 1994

Bersama dengan berdirinya Yayasan Perguruan serasan didirikan pula Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Serasan Muara Enim dengan akta pendirian yang sama dengan akta Pendirian Yayasan Perguruan Serasan.

Dengan demikian,  kelahiran Sekolah Tinggi Teknik bersamaan dengan Kelahiran Yayasan Perguruan Serasan Muara Enim, Yaitu tanggal 29 maret 1994.

Dalam sejarah perkembangannya yayasan serasan Muara Enim telah memiliki 3(tiga) sekolah tinggi yaitu, sekolah tinggi ilmu teknik, sekolah tinggi ilmu ekonomi, dan sekolah tinggi ilmu hukum. Saat seluruh pengurus yayasan serasan muara enim bertekat untuk membangun dirinya sesuai irama pembangunan tanpa luput dari pasang surut perkembangannya dan hanya dengan perjuangan yang gigih yang dilandasi penuh rasa tanggung jawab yang tinggi.